Sejarah

        Udayana University Press (UUP) merupakan Badan Penerbitan Universitas Udayana. Ditinjau dari sejarahnya, badan yang bersifat independen dan otonomi ini dulunya merupakan bagian dari U.P.T. Penerbit dan Percetakan Unud yang  telah berdiri sejak tahun 1995. Pada saat itu, UUP merupakan sub-lembaga yang dikonsentrasikan secara khusus untuk mengelola penerbitan buku. Sejak Maret 2008, seiring dengan peningkatan kesadaran dari para pengambil kebijakan di tingkat universitas, UUP dirintis untuk menjadi penerbit professional yang mampu mendukung mimpi Universitas Udayana sebagai World Class University. 

        Perombakan manajemen menjadi langkah pertama yang dilakukan dengan mengangkat seorang direktur penerbitan yang memiliki integritas, komitmen, dan dedikasi untuk memajukan UUP. Tak hanya itu, dibentuk pula divisi pemasaran yang menangani proses produksi, distribusi, dan promosi dan divisi desain grafis dan lay-out yang mempercantik tampilan dan pengemasan buku. Demi menjamin kualitas substansi dari buku yang diterbitkan, perluasan segmentasi pembaca, dan penetapan pasar sasaran,  UUP membentuk tim editor independen yang siap bekerjasama dalam menerbitkan buku-buku yang berkualitas  dan kompetitif di pasaran. Pemasaran buku-buku UUP juga telah menjangkau ke seluruh wilayah Indonesia, kecuali Papua dengan bekerjasama dengan distributor buku di Yogyakarta.

        Harapannya, dengan tata kelola dan sistem manajemen yang lebih baik, UUP mampu meningkatkan kapasitas dan memobilisasi sumber daya yang tersedia dalam mewujudkan visi Udayana University Press dalam membangun masyarakat beradab yang unggul, mandiri, dan berbudaya melalui buku

Visi dan Misi Udayana University Press (UUP)

    Visi: Membangun masyarakat beradab yang unggul, mandiri, dan berbudaya  melalui buku

    Misi :

  1. Membangun atmosfer akademik melalui peningkatan motivasi dan kegemaran membaca dan menulis buku dari Civitas Akademika Universitas Udayana ( aspek internal)
  2. Membangun citra dan reputasi intelektual Universitas Udayana melalui publikasi buku yang memberikan semangat pencerahan sebagai wujud pengabdian yg konkret dan berkelanjutan pada masyarakat (aspek eksternal)
  3. Mendukung ikhtiar Universitas Udayana menuju World Class University melalui publikasi buku-buku yang berkualitas, inovatif, dan bertaraf internasional (aspek internasional)

Detail

Nama Fakultas : UPT. Udayana University Press
Alamat : Jl. P.B. Sudirman, Denpasar, Bali, Indonesia 80114
Telepon : (0361) 225128
Email : unudpress@gmail.com
Website :
udayanapress.unud.ac.id